Sunday, October 28, 2012

FUN TRIP PULAU SEGAJAH-BERAS BASAH-SANGKIMA PIKNIK ALAM KOTA BONTANG Tanggal 26-28 Oktober 2012



Bontang, 28 Oktober 2012 Komunitas pecinta travelling Piknik Alam Bontang bekerjasama dengan Forum Peduli Terumbu Karang dan Dinas Pariwisata Kota Bontang telah mengadakan Fun Trip Pulau Segajah-Beras Basah-Sangkima sabtu (27/10) lalu, acara yang digagas oleh Piknik Alam dan diikuti oleh beberapa  komunitas dan individu, mulai dari Backpacker, Blogger, Traveler, Komunitas Parkour, Duta Wisata, Kelompok Sadar Wisata dan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) GELADI (Gelumbung Laut Abadi), acara yang bertujuan untuk mempromosikan potensi bahari yang dimiliki oleh Kota Bontang ini mendapat respon positif dari Dinas Pariwisata Kota Bontang, hal ini didasari oleh kepedulian terhadap potensi bahari dan mengingat ¾ dari luas wilayah Kota Bontang adalah Laut, dan ada beberapa lokasi spot yang menarik untuk snorkling dan diving salah satunya adalah Spot GELADI (Gelembung Laut Abadi) dari dasar laut terdapat gelembung-gelembung air.
Acara ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dengan diikuti oleh 23 orang peserta. Sebelum melakukan aktivitas snorkling dan diving di lokasi spot Pulau Segajah dan Pulau Beras Basah, Forum Peduli Terumbu Karang Kota Bontang, memberikan beberapa presentasi mengenai program dan himbauan mengenai pelestarian terumbu karang yang telah dilakukan dan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika melakukan snorkling dan berfoto di dalam air (underwater).
Selain memberikan materi, Peserta pun diajak untuk melakukan adopsi mangrove dengan men-donasikan dana sebesar Rp.5.000/bibit mangrove serta nama dari donatur akan di gantung di Pohon Mangrove tersebut dan mendapat jaminan apabila bibit tersebut mati akan diganti dengan bibit baru yang lain. Peserta sangat antusias untuk men-donasikan dan mengikuti program adopsi mangrove dan terkumpul sekitar 100 bibit yang akan di adopsi oleh peserta.
Setelah penyampaian materi oleh FPTK para peserta pun nonton bareng film The Mirror Never Lies yang menceritakan kehidupan anak suku Bajao di Wakatobi serta keindahan bawah lautnya.
Sabtu pagi, para peserta pun bersiap untuk melakukan Snorkling di Pulau Segajah, sebelum melakukan snorkling, para peserta pun diajak untuk pemanasan dan oleh pemandu dari Pokmaswas GELADI, dan setelah dirasa cukup para peserta pun mulai bergerak menuju spot GELADI (Gelembung Laut Abadi) dan spot-spot yang menarik yang menyuguhkan keindahan bawah laut kota Bontang, setelah puas menyelami keindahan fenomena alam yang terjadi di Spot Geladi perjalanan pun dilanjutkan menuju Pulau Beras Basah yang menjadi ikon wisata di kota Bontang, berbeda dengan Pulau Segajah yang hanya beberapa orang saja yang mengetahui keindahan bawah lautnya. Di Pulau Beras Basah terdapat beberapa cottage dan sarana hiburan seperti Banana Boat di akhir pekan. Peserta diajak menuju lokasi spot transplantasi terumbu karang yang berada di Pulau Beras Basah.
Keesokan harinya peserta Fun Trip diajak menuju Jungle Track Sangkima Taman Nasional Kutai yang berjarak kurang lebih 45 menit dari kota Bontang. Potensi obyek daerah tujuan wisata yang terdapat di Sangkima Taman Nasional Kutai ini adalah Pohon Ulin Raksasa yang berusia ribuan tahun dan berdiameter 2,47 m, jembatan gantung, jembatan slink, dan Rumah Pohon. Para peserta pun sangat antusias mengikuti Fun Trip ini. (ipoel)

6 comments:

  1. Alhamdulillah cukup puas... Lanjutkan mas... Seru...

    ReplyDelete
  2. waahh...saya jadi kangen pengen snorkling lagi neh..
    pantainya juga terlihat masih sepi ya mas
    .
    mampir juga ya mas
    ghozaliq.wordpress.com
    salam celoteh backpacker :D

    ReplyDelete
  3. belum pernah ke siniiii.......
    jadi kangen ke kalimantan lagi. udah lama euy gak liburan ke sana :)

    ReplyDelete
  4. Ayoo mba Dee An Pulang Kampung lah...Jangan kelamaan di Batam..heheh...

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Boleh silahkan ini PIN BB 29EDF33D/ WA 087811075754 HP 085246193293

      Delete